oleh

Kadis SDA Provinsi Jabar: Perlunya Peran Penting TKPSDA

TASIKMALAYA|PELITA ONLINE|Dalam upaya peningkatan pelayanan infrastruktur fasilitas umum, berupa perbaikan irigasi/Situ yang berkaitan dengan kegiatan perawatan dan perbaikan, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jabar, Dikky Achmad Sidik, ST, MT mengatakan kalau pihaknya memiliki Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA).

Diakuinya, adanya TKPSDA itu akan terbangun suatu sinergitas kolaborasi dalam pengelolaan SDA yang baik. Terlebih berbicara mengenai kerusakan inprastruktur irigasi, kapasitas hingga penampungan realisasi debit, kata Dikky, Rabu (24/11/2021).

“Kita perlu adanya kolaborasi semua pihak, karena kalau kita hanya mengandalkan inprasrukturnya yang bergerak itu akan jadi mahal”, kata Dikky.

Contoh, di kita tidak ada tupoksi terhadap penanganan sampah irigasi dan sungai maupun Situ. Makanya, ketika TKPSDA ada, kolaborasi penanganan bisa menjadi tanggungjawab bersama. Artinya, tidak serta merta semuanya dibebankan kepada pihak kita, tegas Dikky.

Sementara TKPSDA tidak menginginkan sampah irigasi sungai terjadi dan menumpuk dimana-mana. Akan tetapi, berbicara masalah sampah masuk irigasi/sungai itu berbicara masalah budaya orang, itu yang susah singgung Dikky.

“Maksudnya, disisi lain bicara soal sampah, itu harus disentuh dari hulunya. Sedangkan TKPSDA biasanya bicara umumnya saja dihilir atau tengah-tengah”, singgung Dikky lagi.

Menyikapi tingkat kerusakan inprastruktur. Irigasi misalnya. Dikky menilai, dalam wilayah kerja Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jabar tercapai lebih baik seiring besarnya anggaran di tahun 2021 yang mencapai Rp. 500 miliyar.

“Tapi itu secara keseluruhan termasuk gaji pegawai Dinas SDA”, terang Dikky.

Sedangkan untuk proyeksi tahun 2022 ada penurunan, dari Rp. 500 miliyar menjadi Rp. 300 miliyar di tahun 2022. Sehingga, inprastruktur irigasi yang cendrung baik di tahun 2021 ini, maka 2022 kita lebih fokus kepada Operasional Pemeliharaan (OP) yang tentu mensinergiskannya dengan peran forum TKPSDA.|TOM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed