oleh

Keteladanan dan Ucapan Untuk Sebuah Kebaikan

BANDUNG,|PELITA ONLINE|-Berbuat kebaikan dan kebajikan  merupakan perbuatan yang terasa atau tidak, sering kali dilakukan oleh manusia. Bahkan kadang kita berpikir apakah ada nilai ibadahnya  atau tidak, ataukah kita biasa-biasa saja dalam menyikapinya. Ternyata berbuat baik sangat berdampak positif kepada pelakunya.

Allah  SWT berfirman “maka berlomba – lombalah kamu dalam kebaikan ..”(QS . 2 :148), ..”maka berlomba lombalah berbuat kebajikan…(QS.5 : 48 ).

Kebaikan dan kebajikan –   bermakna  luas – yang dilakukan oleh manusia, apalagi didasari niat ibadah , iklas, ridho lillahhitaala, insya Allah akan menjadi saving atau investasi diakhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda ” Sesungguhnya tiap – tiap amalan itu terggantung pada niatnya  seserorang yang hanya akan mendapatkan apa yang diniatkan ” (HR. Bukhari dan Muslim).

Barangkali ada kemungkinan umat belum sanggup berbuat kebaikan dan kebajikan karena berbagai sikon dan memang terkadang kehidupan itu fluktuasi.Tetapi kita percaya sekecil apapun perbuatan itu pasti bernilai ibadah.Allah SWT berfirman
” Allah tidak membebani seseorang , namun sesuai dengan kemampuannya (QS. 2 : 286 )
.
Syahdan, seorang Khalifah yang bernama Harun Al Rasyid bertanya kepada seorang kakek tua renta yang sedang menanam benih kurma.Untuk siapakah benih kurma yang kakek tanam ini ?
Bukankah untuk memetik buahnya memerlukan waktu  yang lama. Maka jawaban kakek tua renta – sambil tersenyum bahagia-, anaku sebentar lagi aku segera menghadap Allah SWT, karenanya benih kurma ini bukan untuk kakek, tapi benih / pohon kurma ini insya Allah akan menjadi penolongku kelak di akhirat.

Semoga benih /pohon kurma ini , tumbuh dengan subur, buahnya lebat dan ranum , daunya rindang, sehingga burung – burung berkicau, bermain bahagia dan kumbang – kumbang madu berlomba menikmati putik sari bunga dan para pengembara / kafilah melepaskan lelahnya di bawah daun -daun pohon kurma yang rindang dan kicauan burung- burung, getaran kumbang – kumbang madu mengisap sari bunga serta napas lega para pengembara adalah do’a – do’a dan cahaya terang yang mengiringi diriku di akhirat kelak, Insya Allah. Aamiin .

Demikian kakek tua renta mengakhiri dialognya dengan Khalifah Harun Rasyid. Satu inspirasi dan motivasi untuk kita semua. Syahdan Syaikh Abful Qadir Jaelani rahimmahullah
berkata : tidak baik bagimu, jika engkau kagum dengan amalan – amalanmu.

Engkau bangga dengan dirimu sendiri dan meminta imbalan dari setiap amal yang engkau lakukan. Padahal  engkau bisa beramal karena taufik dari Allah SWT.Semua pertolongan,
kekuatan,.kehendak dan karunia Allah SWT,Jika engkau bisa menjauh dari maksiat  maka itupun terjadi karena perlindungan, penjagaan, pengayoman Allah SWT .

Dimana dirimu dari sikap bersyukur ?.Mengapa engkau tidak mengakui nikmat – nikmat yang diguyurkan  Allah SWT kepadamu ?.Padahal  dijelaskan dalam Al Quran Allah SWT akan menolong siapa yang dikendaki (QS.30 : 5) dan Allah SWT ” tidak akan menyalahi janji – NYA, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahii ” (QS. 30 : 6 ). Satu intropeksi untuk kita  semua.

Agama Islam menempatkan manusia “diukur sampai sejauhmana dan seberapa besar kebermaknaan, .
produktivitas dan manfaat yang dilaksanakan dan dirasaksan umat dan lingkungannya dalam kehidupan”

Sebab kehidupan bagaikan, kita bertasbih dimulai dari titik yang sama dan berakhir dititik yang sama. Dari Allah SWT kehidupan dimulai dan kepada Allah SWT kita akan kembali. Kebermaknaan, produktivitas dan manfaat merupaksn essence manusia dalam kehidupan. Semoga

Berdoa seperti kita mengayuh sepeda dan terus mengayuh pada kegiatan yang sama, dan akhirnya mengayuh itu akan sampai pada tujuan.
Satu ungkapan ” dipagi hari orang2 beriman bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat ,rejeki dan kelangsungan hidup dan kehidupanya ,setelah kita berpulang ke rahmat Allah SWT kita bersyukur atas Takwanya”.
Fastabiqul khoiroot merupakan metode  media hablumminallah dan hablumminannas  manusia menuju jannah Allah SWT.***

Oleh : Soleh Kartasaputra

Penulis Mantan Guru SMAN 3 Kota Bandung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed