Dispora KBB, Gelar Seleksi Siswa SMA Untuk Paskibra

BANDUNG BARAT,|Pelita Online|
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menseleksi para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) tahun 2020. Seperti biasanya Paskibra tersebut dipersiapkan untuk mengibar dan menurunkan bendera pusaka pada saat Upacara peringatan Kemerdekaan RI, 17 Agustus.

“Seleksinya dijadwalkan tanggal 16, 17 dan 18 Maret sekarang. Untuk tahiun ini, yang akan kita seleksikan hanya 150 orang,” ujar Kepala Bidang Kepemudaan Dispora KBB M. Ma’mun Hidayat
melalui Kepala Seksi Pemuda Pelopor, Wirausaha Pemula dan Kader Pemuda Dadan Sa’dan, Selasa (26/2/2020) di Ngamprah.

Dijelaskan Dadan, dari 150 peserta hanya diambil 36 orang yang nantinya akan digojlok untuk Paskibra KBB tahun 2020. Mereka diwajibkan mengikuti latihan secara inten setelah ditetapkan menjadi anggota Paskibra. Kemudian masuk pusat latihan (puslat) selama 10 hari di salah satu intansi pusat pendidikan militer.

“Kalau tahun lalu, kita kerjasama dengan Pusdikav Padalarang. Tahun sekarang belum kita tentukan,”terangnya.

Animo pelajar untuk mengikuti seleksi Paskibra kata Dadan cukup tinggi. Pada tahun 2019 saja, jumlahnya mencapai 300-an dengan hasil seleksi administrasi sebanyak 282 orang.

Jika tahun ini pihaknya membatasi peserta dengan quota hanya 150, hal itu berdasarkan pertimbangan pendekatan selektifitas. Karena sepengetahuan Dadan, potensi anggota Paskibra terlatih cukup banyak di sekolah-sekolah sekaligus dianggap sebagai ajang seleksi awal.

Bagi mereka yang berminat mengikuti seleksi anggota Paskibra KBB bisa langsung mendaftarkan diri ke Dispora KBB mulai 2-10 Maret 2020 dengan membawa persyaratan administrasi. Selanjutnya, mereka akan mengikuti seleksi-seleksi lainnya menyangkut performance, intelektual, ketahanan fisik, wawasan kebangsaan, pengetahuan serta keterampilan tertentu. “Pelajar yang boleh ikutan seleksi ini, hanya kelas 11 saja. Pendaftarannya secara individu,” jelas Dadan.

Ia juga mengatakan penyelenggaraan seleksi Paskibra ini merupakan urusan wajib non pendidikan yang merupakan agenda tahunan. “Mudah-mudahan saja di tahun inipun anggota Paskibra kita ada yang jadi juara nasional, seperti sukses yang diraih oleh pelajar SMAN Cililin tahun 2016. Adli Fadlima (anggota Paskibra Nasional) itu anggota Paskibra kebanggaan KBB,” harapnya. (Nie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed