oleh

Sekdis Jabar : Siap Gelar KBM Tatap Muka Juli 2021

BANDUNG, |Pelita Online|-  Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Wijaya ketika ditemui di Dinas Pendidikan Jawa Barat Jalan Dr.Radjiman No.6 Kota Bandung Rabu (10/3/2021) mengatakan, vaksinasi yang sudah bergulir sejak Januari 2021 memberikan harapan baru bagi dunia pendidikan di tanah air, banyak diantara masyarakat menaruh harapan dengaan vaksinasi kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan normal kembali.

Kemudian apakah vaksinasi cukup menjamin Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka aman. Wahyu Wijaya menjelaskan bahwa Jawa Barat siap melaksanakan KBM tatap muka, pada prinsipnya  kita siap melaksanakan KBM tatap muka dan Mendikbud juga sempat menyampaikan jika KBM tatap muka bisa dimulai pada bulan Juli 2021.

Namun, menurut dia pernyataan menteri tidak dibarengi dengan petunjuk dan teknis KBM tatap muka yang dimaksud, hingga saat kini kami masih menunggu juknis dari KBM tatap muka. “Pada prinsipnya, kami siap melaksanakan KBM tatap muka akan tetapi harus dikuatkan berdasarkan juknis dari kementerian sendiri,” ucap, “Wahyu Wijaya.

BACA JUGA  Ridwan Kamil Minta Kadisdik Evaluasi dan Pantau Laman PPDB Jabar

Dikatakannya, Dinas Pendidikan  (Disdik Jabar) Jabar, saat ini berpatokan pada surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri. Menurutnya SKB 4 Menteri berisi kesepakatan mengenai KBM tatap muka yang tentunya dapat dilaksanakan dengan ketentuan berdasarkan pada persetujuan orang tua siswa, kepala sekolah dan pemerintah daerah.

Meskipun KBM tatap muka, harus melaksanakan, namun persetujuan dari berbagai pihak harus diutamakan terlebih dari kepala daerah karena mereka yang lebih memahami tentang kondisi daerahnya. Wahyu mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekolah untuk menggelar KBM tatap muka kami sudah siapkan sekolah dengan prokes yang ketat bahkan dengan ruang isolasi tinggal persetujuan Pemdanya dapat persetujuan mengijinkan di kecamatan A namun belum tentu untuk kecamatan B, ujarnya.

BACA JUGA  Dedi Supandi : Penting Rencanakan Anggaran Secara Berurutan

Untuk saat ini kata Wahyu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan kesiapan pembelajaran tatap muka. Namun dipastikan, Disdik Jabar saat ini telah membuat skenario KBM tatap muka dengan prosentase 50 persen dari jumlah siswa dan kapasitas ruang kelas yang  digunakan nantinya, paparnya. (FJ/DS).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed