Kerusakan Jalan KH. Khoer Afandi Tasikmalaya Mulai Diperbaiki

TASIKMALAYA||,-Pelita Online||Jalan Garuda atau terusannya Jalan KH. Khoer Afandi merupakan jalan provinsi dalam wilayah Kota Tasikmalaya, dan menjadi kewenangan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar melalui UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V.

Kondisinya yang berlubang, bergelombang dan banyaknya aspal yang retak dan terkelupas itu, mulai mendapat perbaikan oleh PT. Prawasta Sugih Jaya selaku Penyedia Jasa (PJ) yang pemilihan penyedianya melalui e-katalog tertanggal 19 Februari 2023 lalu.

Dalam pantauan Pelita Online, Sabtu 18 Maret 2023. Jalan Garuda yang terkontrak tangal 27 Februari 2023 itu belum nampak terlihat adanya akivitas yang signifikan dari pihak Penyedia Jasa.

Namun tidak dapat dipungkiri, meski belum terlihat adanya aktivitas yang signifikan, tetapi setidaknya beberapa titik lubang jalan sudah berhasil ditutup hotmix. Sebagaimana diketahui, beberapa titik lubang jalan yang sudah tertutup hotmix itu terdapat di ruas jalan KH. Khoer Afandi tak jauh dari perlintasan rel kereta api Awipari yang merupakan bagian dari paket pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Garuda.

Fitri (40), seorang pedagang, yang sudah bertahun-tahun berjualan minuman segar di jalan KH. Khoer Afandi tak jauh dari SPBU Awipari menyebutkan, beberapa hari yang lalu memang ada penambalan lubang, tepat tak jauh dari perlintasan rel kereta api yang terus maju ke SPBU ini.

“Sepertinya jalan ini mau dibangun ya”, ujarnya balik bertanya.

Seharusnya di daerah sini dulu lubangnya yang didahulukan ditambal, soalnya yang rusak parahnya disekitaran SPBU ini sampai ke Lanud, tambah Fitri sembari menunjukan kemacetan dampak dari kerusakan jalan.

Diwaktu yang sama, dihubungi melalui WhatsApp, Yudi Ahmad, ST selaku PPK Pemeliharaan Berkala Jalan pada UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V membenarkan, kalau paket pekerjaan pemeliharaan berkala Jalan Garuda sepanjang 5,190 km sudah mulai dilaksanakan.

Sesuai tahapanya, sekarang pihak penyedia jasa tengah melaksanakan patching (penutupan lubang-lubang) dan terus berjalan menuju ke arah pusat Kota Tasikmalaya. Sehingga diharapkan, sebelum lebaran sudah tidak ada lubang, harap Yudi.

“Kami sangat menekankan kepada pihak Penyedia Jasa, untuk mengatasi kerusakan jalan berlubang melalui paket pemeliharaan berkala tutup lubang diupayakan tuntas agar menjelang Lebaran diselesaikan,” tegas Yudi.(tommy riyaldi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *