oleh

IPP Menjadi Tolok Ukur, Dispora Jabar Wujudkan Milenial Juara.

BANDUNG,| Pelita Online|-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat, berkomitmen siap mewujudkan dan mensukseskan visi misi Gubernur Jabar “Mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi”, khususnya bidang keolahragaan dan kepemudaan yaitu Olahraga Juara dan Milenial Juara.

Sebagai contoh pada tahun 2019 Provinsi Jawa Barat menjadi Juara Umum POSPENAS (Pekan Olahraga Pondok Pesantren tingkat Nasional.red) untuk yang ke 3 kalinya, Menjadi Juara Umum POPNAS (Pekan Olahraga Nasional.red) dan Dispora menjadi salah satu support Jabar sebagai Juara Umum PORNAS ASN di Bangka Belitung.

Selain Juara Umum POSPENAS, Jabar juga sukses sebagai Tuan Rumah penyelengga POSPENAS 2019, yang diselenggarakan tanggal 25-30 November 2019, di Bandung, Jawa Barat. Selanjutnya program milenial Juara, Dispora Jabar, telah menggulirkan berbagai macam program unggulan, diantaranya Jabar Future Leader – JFL (Ajudan Magang Gubernur Jabar), Jabar Innovation Fellowship- JIF (Program Pemuda Magang di Dinas/Instansi Provinsi) dan Program Kewirausahaan Pemuda sebagai salah langkah strategis Dispora Jabar untuk meningkatkan IPP (Indeks Pembangunan Pemuda)

BACA JUGA  Dispora Jabar Gelar Pelatihan Pelatih Cabor Sofball & Baseball

Selain program di atas, secara khusus Dispora memiliki SP3OR (Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga), program tersebut merupakan kolaborasi antara milenial juara dan olahraga juara, artinya pemuda milenial digerakan untuk menjadi motor meningkatkan Angka Partisipasi Masyarakat Olahraga (APMO)

Untuk menghadapi PON XX Papua tahun 2021, kita menargetkan dapat mempertahankan Juara Umum, walaupun cukup berat. Hal ini mengingat PON 2021 tidak berlangsung di Jawa Barat seperti PON sebelumnya. Namun, target tidak boleh kendor, perjuangan tetap harus dilakukan, agar bisa meraih kemenangan dan tetap Juara Umum.

Engkus Sutisna (Kadispora Jabar) yakin saat berlaga di Papua nanti, tantangan para pejuang olahragawan Jabar cukup berat, apalagi kita sebagai kontingen pendatang. Jauh lebih berat dari PON sebelumnya, “Tetapi bagaimanapun, kita harus berjuang dan optimis,”ujarnya.

BACA JUGA  Imam Solihin : Pemuda Harus Cerdas Dalam Menyaring dan Memilah Informasi

Menurut Sutisna, selain PON, pada tahun 2021 nanti, juga ada kejuaran lainnya yaitu Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI. Sama hal nya dengan PON, pada PEPARNAS, Jabar juga harus bisa mempertahankan gelar Juara Umum.
“Dengan dukungan semua pihak, kami yakin Jabar pasti juara, sesuai tagline kita, Jabar Juara Jabar Kudu Menang” tutur Kadispora Jabar.

Diketahui dari hasil lanching Indeks Pembangunan Pemuda ( IPP ) yang diselenggarakan secara virtual oleh Bappenas bekerjasama dengan kementerian Pemuda dan Olahraga serta Badan Pusat Satatistik (BPS) pada Oktober 2020 lalu bahwa IPP di Provinsi Jawa Barat (Jabar) meningkat sebesar 3,83 poin. Dari 46,17 pada 2018 menjadi 50,00 pada 2019. IPP sendiri menjadi tolok ukur dan acuan bersama pembangunan pemuda. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed