oleh

2021 Dispora Jabar “Kawinkan” Prestasi Olahraga Juara dan Prestasi Milenial Juara

BANDUNG,| Pelita Online|-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat (Jabar) mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mengantarkan Jawa Barat menjadi Juara Umum beberapa event nasional. Harapan 2021, kawinkan prestasi Olahraga Juara 2019 dan prestasi Milenial Juara

Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna. ST, MT mengatakan hal tersebut di atas saat bincang-bincang dengan  di ruang kerjanya, Senin (01/02/2020).

“Saya mengucapkan terimakasih sebagai kepala dinas pemuda dan olahraga kepada pak Gubernur, kepada DPRD Jabar khususnya Komisi V, Stakeholder lainnya, Muspida, perangkat daerah, masyarakat pemuda, dalam hal ini KNPI, OKP, Pramuka, Karangtaruna,” katanya.

Ucapan yang sama juga dihaturkan kepada masyarakat olahraga seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), National Paralympic Committee Indonesia (NPCI).

“Alhamdulillah di tahun 2019, kita dapat mempertahankan juara umum berupa event nasional. Popnas, Papernas, kemudian Pornas Korpri. Tetap kita juara umum,” jelasnya.

Sehingga Dispora Jabar mengistilahkan sebutan dari Gubernur Jabar. Bahwa tahun 2019 sebagai tahunnya Olahraga Juara.

Engkus Sutisna juga mengatakan, tahun prestasi yang telah diraih Jabar pada tahun 2019, masih terus berputar, tidak terbendung walau dihadang pandemi Covid-19.

“Nah, di 2020 walaupun kena Pandemi Covid-19, alhamdulillah ternyata ada pemuda berprestasi, ada sejumlah pemuda pelopor tingkat Nasional dan Jawa Barat, selain itu juga ada peningkatan IPP (Indek Pembangunan Pemuda),” terangnya.

Dijelaskan, Engkus Sutisna, berdasarkan data yang dirilis Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tahun 2020, IPP Jabar 2019 berhasil menduduki peringkat ke-20 atau meningkat sebanyak 14 level dari tahun 2018 yang berada di urutan paling bawah ke-34.

“Tahun 2018 Jawa barat berada di rangking terbawah secara nasioanl, yakni di posisi 34. Tahun ini, sebagaimana yang dirilis Bappenas, Jawa barat berhasil menduduki peringkat 20, berhasil menyalip dalam rentang waktu satu tahun,” katanya.

Capaian tersebut, kata Engkus Sutisna, tentunya prestasi yang membanggakan, layak jadi momentum agar bisa berbuat lebih baik lagi.

“Alhamdulillah. Ini juga merupakan prestasi sehingga kita proklamirkan 2020 ini sebagai
Milenial Juara atau Pemuda Juara,” ujarnya.

Semua hasil itu, kata Engkus Sutisna, 2019 Olahraga Juara, dan 2020 Milenial Juara nanti akan dikawinkan.

“Nah di 2021 kita ingin kawinkan. Menjadi Milenial Juara dan Olahraga Juara,” harapnya.

Pertahankan Juara Umum

Soal, Olahraga Juara cita-citanya Dispora Jabar ingin kembali menuai sukses menjadi Juara Umum Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua dan Juara Umum Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) ke-16 di Papua.

Sedangkan untuk pemudanya, tetap dapat meningkatkan IPP. Kalau sekarang 20 besar, mudah-mudahan bisa bergeser ke-10 besar.

“Kalau kemarin ke 20 mudah-mudahan kita bisa bergeser ke-10 besar. Ataupun antara 15-20 gitu,” katanya.

Untuk PON, kata Engkus Sutisna, persiapannya dikoordinir oleh KONI Jabar. Walau demikian, Pemprov memberikan dukungan dari segi pembiayaan dan fasilitasnya.

“Dan alhamdulillah hal itu, kita gelontorkan melalui hibah daerah,” ucapnya

Pemprov Jabar melalui Dispora Jabar memberikan hibah prestasi olahraga kepada KONI Jabar dalam upaya mempertahankan Juara Umum PON pada 2021 yang akan berlangsung di Papua.

“Hasil pantauan kami, persiapan mengarah ke PON 2020, dilaksanakan. Termasuk Pelatda- pelatda dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tegasnya. (ris/cak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed