oleh

Tol Jabar-Jateng Diprediksi Terpanjang

JAKARTA|PELITA ONLINE|Jalan bebas hambatan atau tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap segera dibangun. Dengan total panjang 206,65 km, tol yang akan menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah ini diperkirakan akan menjadi tol terpanjang di Indonesia sejauh ini setelah tol Padang-Pekanbaru 254,8 km yang saat ini juga masih dalam tahap pembangunan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menetapkan pemenang pelelangan pengusahaan jalan tol dengan nilai investasi Rp 56 triliun ini.

Sebagaimana pengumuman BPJT, pemenangnya terdiri dari konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Daya Mulia Turangga-PT Sarana-PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Semantara, untuk konstruksi dan operasi tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dibagi menjadi dua bagian, yakni tahap 1 Gedebage-Tasikmalaya dan tahap 2 Tasikmalaya-Cilacap.

Konstruksi tahap 1 dilakukan pada tahun 2022-2024. Kemudian tahap 2 dilanjutkan pada 2027-2029. Artinya nantinya terdapat jeda pengoperasian sekitar 3 tahun.

“Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan 2 kali yakni kebutuhan ruas Gedebage-Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya-Cilacap,” kata anggota BPJT unsur profesi Koentjahjo Pamboedi, sebagaimana dikutip pelitaonline dari keterangan resmi BPJT, Sabtu (8/1/2022).

Dikemukakan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur mewakili konsorsium pemenang lelang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya selama proses pelaksanaan lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

“Tentunya kami semua konsorsium sangat berkomitmen untuk menyelesaikan ruas tol yang cukup panjang ini, sesuai dengan yang diharapkan, dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Mudah-mudahan proyek ini menjadi salah satu ruas yang cukup berperan penting untuk memecah arus lalu lintas kemacetan di masa mendatang di wilayah dari Gedebage hingga Cilacap,” tutupnya.

Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan memilki 10 Simpang Susun (SS), yakni SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap, ucapnya. |TOM|

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *