Kwarnas Dukung KBB, Bangun Buper IP Saguling

BANDUNG BARAT, PelitaOnline
Keinginan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna untuk memiliki Bumi Perkemahan (Buper) terlengkap di negeri ini, mendapat dukungan dari Gerakan Pramuka Tingkat Nasional. Keinginan tersebut dinilai Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas), menunjukan begitu resfeknya orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat (KBB) selaku Ketua Majelis Pembibing Cabang (Mabicab) terhadap Gerakan Pramuka di daerahnya.

“Ini harus jadi contoh bagi bupati atau Ka Mabicab lainnya. Yang saya senang, beliau menyadari betul tentang posisinya selain jadi bupati sekaligus sebagai Ka Mabicab juga,” ujar Anggota Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Pramu Risanto, Jum’at (18/7/2019) di Buper Indonesia Power Saguling (IP Saguling) Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor, KBB.

Padahal sambung Pramu, di daerah lainnya bahkan di tingkat Kwartir Nasional (Kwarnas) saja, para menteri sekalipun tidak menyadari tentang peran mereka sebagai anggota Mabinas.

Menurutnya, dukungan penuh yang ditunjukan Bupati Bandung Barat tersebut, bisa dijadikan modal bagi kemajuan Gerakan Pramuka di KBB. “Kalau semua bupati menyadari atau mengetahui perannya sebagai Mabicab, saya kira urusan Pramuka selesai,” tutur Pramu Risanto yang lebih dikenal dengan nama panggilan Ipam ini.

Anggota Mabinas Gerakan Pramuka Pramu Risanto, Waka Bina Lingkungan Hidup Kwarda Gerakan Pramuka Jabar HRM Darodjat, Ka Mabicab Gerakan Pramuka KBB Aa Umbara Sutisna dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi tengah membicarakan tentang Buper IP Saguling

Begitu juga dengan rencana pembangunan Buper IP Saguling yang digulirkan Umbara, Ipam merespon positif. Karena setelah ia perhatikan ke lapangan, bakal banyak manfaatnya bagi Pramuka dan terutama masyarakat setempat.

“Tidak ada kata lain selain IP (PT Indonesia Power) ini membantu. Dan IP juga harus mengerti tidak ada tujuan lain (pembangunan buper), selain tempat untuk pembinaan generasi yang akan datang. Itu yang harus diketahui IP, ” tegasnya.

Menyikapi belum adanya kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT IP untuk pengelolaan Buper IP Saguling tersebut, Ipan berjanji akan membicarakannya dengan PT IP sebagai pemilik lahannya.

“Saya dan teman teman saya di pusat akan mencoba menjembatani apa yang diinginkan bupati dan teman-teman saya (kwarcab KBB). Kalau itu dipahami IP, saya rasa komunikasi akan lancar,” ucapnya. (Nie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *