oleh

Rektor UNPER Apresiasi UKM dan Dekan Baru Fakultas Teknik

TASIKMALAYA|PELITA ONLINE|Rektor Universitas Perjuangan (Unper) Kota Tasikmalaya Prof. Dr. H. Yus Darusman, Drs, M.Si., memberikan apresiasi yang tinggi kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unper karena telah berhasil merintis obyek wisata berbudaya melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021.

Melalui PHP2D, UKM Unibeesitas Perjuangan mengajak masyarakat Desa Jatiwaras, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya untuk mengoptimalkan potensi wisata “Bukit Gumawang” beserta budayanya.

Kegiatan tersebut dikemas dengan sangat apik bertema “Membuka Obyek Wisata Baru Desa” tak pelak UKM Univeesitas Peejuangan yang sekarang bernama UKM Pramuka tersebut mendapat gelontor dana hibah lansung dari Kementerian Pariwisata RI senilai Rp. 47 juta rupiah di tahun 2021 ini.

Prof Yus, panggilan akrab Rektor Universitas Perjuangan Kota Tasikmalaya ini kepada pelitaonline.co.id menjelaskan, kegiatan UKM Pramuka tersebut adalah sebuah bentuk komitmen terhadap masyarakat dan negara. Kamis, (2/12/2021) di ruang Rektor.

Tidak hanya di tahun 2021 ini saja, pada tahun sebelumnya yang saat itu masih dengan sebutan UKM Parahita, berhasil merintis obyek wisata di Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan menjadi juara nasional, sebut Prof Yus.

“Di tahun 2020 tersebut, ada tiga Perguruan Tinggi yang menjadi juara nasional. Diantaranya Unper (Universitas Perjuangan) Kota Tasikmalaya, IPB dan Unes (Unipersitas Negeri Semarang),” sebut Prof Yus lagi.

Kami berdoa semoga setiap kegiatan PHP2D yang telah dilaksanakan dengan baik oleh UKM Unper ini dapat dinikmati oleh masyarakat, mengingat obyek yang ditemukan oleh UMK Unper tersebut, baik yang berada di Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja maupun Bukit Gumawang yang terdapat di Desa Jatiwaras, Kecamatan Jariwaras yang keduanya dalam wilayah Kabupaten Tasikmalaya sudah menjadi destinasi wisata, yang masing-masing telah dikelola oleh masing-masing Karang Taruna setempat, papar Prof Yus bangga.

Yang tak kalah membanggakan lagi, tepat di hari ini fakultas tehnik Universitas Perjuangan punya dekan baru yang basic-nya informatika. Dekan baru yang S1,S2 dan S3-nya di Jepang tersebut adalah Prof Ana Hadiana, ucap Prof Yus.

Menurut Prof Yus, tidaklah mudah mencari dekan setara S3 terlebih lulusan Jepang. Maka, dengan kehadiran Prof Ana Hadiana selaku dekan fakultas tehnik sangatlah suatu kebanggaan bagi Universitas Perjuangan ini. Terlebih, dekan baru ini prodi-nya IT dengan basic informatika.

Jadi cukup kebetulan sekali, disamping Universitas Perjuangan ini akan membuka program study bisnis digital. Nanti dekan baru ini akan membawa informatika yang lebih maju di Indonesia dengan bergaya Jepang, ucap Prof Yus lagi.

Yang tak kalah penting lagi, saya berharap dekan baru fakultas tehnik ini dapat mengawinkan budaya Jepang dengan Tasik, sehingga orang Tasik itu seperti Jepang dalam hal-hal yang bagusnya, harap Prof Yus.

Disamping tidak menutup kemungkinan kedepannya dosen-dosen Universitas Perjuangan akan mengembangkan riset bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), karena Prof Ana Hadiana sendiri adalah orang LIPI, ujar Prof Yus. |TOM|

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.