BANDUNG, PelitaOnline Kepala Bidang Pendidikan Khudus dan Pendidikan Layanan Khusus (.PK-PLK) Dinas Pendidikan.Provinsi Jawa Barat ( DisdikJabar) H Nanang Nurwasid S.Pd, mengatakan, Bidang PK PLK merupakan sebagai wahana aktualisasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Maka proses kegiatan belajar dan mengajarnya pun berbeda dengan sekolah reguler.
Dikatakannya, pengembangan potensi anak dalam kegiatan belajar dan mengajar di PK-PLK sangatlah diutamakan. Betapa tidak, karena yang disebut sekokah maju itu, adalah bukan dilihat dari sisi akademisnya saja, melainkan prestasi dan potensi lainnya yang juga menjadi bahan pertimbangan.”Tidak perlu kita mengejar target akademis semata. Banyak prestasi dan potensi lainnya yang perlu digali dan kembangkan, “ujar Nanang, kepada Pelita, usai membuka kegiatan pemetaan mutu sekokah luar biasa (SLB) se -Jawa Barat, di Aula Disdik Jabar Selasa (1/11/19).
Menurut dia, PK-PLK Disdik Jabar adalah wahana aktualisasi bagi Siswa ABK terutama di bidang Seni, Olah raga, dan Keagamaan. Oleh karena itu, dihadapan para guru dan Kepala SLB se Jabar, Nanang, mengajak agar proses pengembangan di PK PLK terus ditingkatkan.
Tidak kita pungkiri. Kata Nanang, sejauh ini masih ada sebagian warga masyarakat yang persepsinya dan asumsinya masih bertolak dengan fakta dan realita yang ada. Tapi hal ini, kita jadikan sebagai tantangan. Dengan membangun sekokah sehat dan bersih. “Kita akan tunjukan prestasi- prestasi bahwa kita mampu menjadi juara,”tegasnya.
“Intinya dalam pertemuan dengan tenaga pengajar SLB ini, selain menjalin silaturahmi dengan keluarga besar PK PLK, juga pertemuan tersebut akan membahas mutu program dan pemetaan Sekolah Luar Biasa di Jawa Barat,”katanya.
Nanang menambahkan bahwa Bidang PK-PLK mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan pelayanan publik dan administrasi. Selain itu, PK-PLK, juga menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan teknis, serta membantu Kepala Dinas untuk menyelenggarakan fasilitasi urusan pemerintahan provinsi dengan meliputi aspek kurikulum dan kesiswaan. (Cak)