Asda Arief Purnawan Membuka Sosialisai Aksi HAM

CIANJUR, |PELITA ONLINE|-Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu,   merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

“Aksi HAM adalah penjabaran lebih lanjut dari RANHAM untuk dilaksanakan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota termasuk kita Pemerintah Kabupaten Cianjur,” kata Asisten Pemkesra Setda Kabupaten Cianjur Arief Purnawan, S.Ap.

Ia berbicara hal itu, ketika membuka kegiatan Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Aksi HAM) Kabupaten Cianjur Tahun 2022 di Bale Praja Pemkab Cianjur, Kamis (31/03/2022).

Sedangkan Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan, ST, SH. M.Kn, menjelaskan, kegiatan Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia ini adalah amanat dari Peraturan Presiden No 53 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021 – 2025.

Menurutnya sosialisasi ini bertujuan untuk menigkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang HAM demi terciptanya masyarakat yang adil, sejahtera dan berbudaya.

HAM di Kabupaten Cianjur, diterapkan secara bertahap dan konsisten tetang program utama Ranham di Cianjur dalam melanjalankan pemerintahannya sebagai proses menuju terciptanya kehidupan masyarakat yang sejahtera, aman dan damai.

“Ini sejalan dengan pelaksanaan pemenuhan hak asasi manusia serta mendorong stakeholder untuk menjadikan dan mewujudkan Kabupaten Cianjur peduli HAM,” ucapnya. (Man Suparman).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *